Hotline: +6281210005154 support@jasaparalegal.co.id
Perjanjian dalam Peraturan Presiden Nomor 63 tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia

Pada tanggal 30 September 2019 telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 63 tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia. Peraturan presiden tersebut sangat lah bagus karena menjunjung tinggi nilai bahasa Indonesia. Dari 44 pasal, salah satu pasal dalam perpres tersebut yaitu pasal 26 mengatur mengenai nota kesepahaman atau perjanjian dengan bunyi:

  1. Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam nota kesepahaman atau perjanjian yang melibatkan lembaga negara, instansi pemerintah Republik Indonesia, lembaga swasta Indonesia, atau perseorangan warga negara Indonesia.
  2. Nota kesepahaman atau perjanjian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang melibatkan pihak asing ditulis juga dalam bahasa nasional pihak asing tersebut dan/atau bahasa Inggris.
  3. Bahasa nasional pihak asing dan/atau bahasa Inggris sebagaimana dimaksud pada ayat (2) digunakan sebagai padanan atau terjemahan Bahasa Indonesia untuk menyamakan pemahaman nota kesepahaman atau perjanjian dengan pihak asing.
  4. Dalam hal terjadi perbedaan penafsiran terhadap padanan atau terjemahan sebagaimana dimaksud pada ayat (3), bahasa yang digunakan ialah bahasa yang disepakati dalam nota kesepahaman atau perjanjian.

Dari pasal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa seluruh nota kesepahaman atau perjanjian wajib berbentuk bahasa Indonesia dengan terjemahan berbentuk bahasa asing jika melakukan perjanjian dengan pihak asing.

Lantas, apa fungsi pengaturan bahasa dalam perjanjian?

Jika terdapat perjanjian yang melibatkan pihak asing, maka nota kesepahaman atau perjanjian tersebut harus diterjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa asing (tidak dari bahasa asing ke bahasa Indonesia) dimana proses terjemahan tersebut sebaiknya dilakukan per kalimat agar pihak asing tahu apa saja isi terjemahannya.

Jika tidak dilakukan perkalimat, maka bisa saja pihak asing tersebut tidak mengetahui isi kontrak secara detail.

× How can we help you? Let's Chat