Hotline: +6281210005154 support@jasaparalegal.co.id
Pendaftaran Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE)

Kamu bisa melihat dasar hukumnya yaitu:

  • Undang Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.
  • Peraturan Menteri Kominfo Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pendaftaran Penyelenggara SIstem Elektronik. 

Sistem Elektronik adalah serangkaian perangkat dan prosedur elektronik yang berfungsi mempersiapkan, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, dan/atau menyebarkan Informasi Elektronik. Sedangkan

Penyelenggara Sistem Elektronik adalah adalah setiap Orang, penyelenggara negara, Badan Usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan Sistem Elektronik secara sendiri-sendiri maupun bersama- sama kepada Pengguna Sistem Elektronik untuk keperluan dirinya dan/atau keperluan pihak lain. Maka, Penyelenggaraan Sistem Elektronik adalah pemanfaatan Sistem Elektronik oleh penyelenggara negara, Orang, Badan Usaha, dan/atau masyarakat.

Untuk melakukan perizinan PSE, maka penyelenggara sistem elektronik dapat menyiapkan beberapa ketentuan yaitu:

Syarat Pengajuan pendaftaran:

  1. Penyelenggara sistem elektronik harus memiliki nama domain tingkat tinggi Indonesia bagi sistem elektronik yang berbentuk situs
  2. Pendaftaran diajukan oleh penanggung jawab Sistem Elektronik kepada Direktur Jenderal c.q. Direktur
  3. Dalam hal sistem elektronik terkait dengan instansi pengatur dan pengawas lain, maka pendaftaran dilakukan setelah rangkaian prosedur perizinan atau yang berkaitan dengan itu dari instansi pengatur dan pengawas terpenuhi
  4. Penyelenggara sistem elektronik dapat mendaftarkan sekaligus lebih dari 1 (satu) Sistem Elektronik.
  5. Pengajuan permohonan pendaftaran:
  6. Pengisian form pendaftaran
  7. Penyertaan kelengkapan dokumen pendaftaran
  8. Kelengkapan dokumen pendaftaran bagi pendaftar berbentuk badan hukum adalah sebagai berikut:
  9. tanda daftar perusahaan terakhir
  10. keterangan domisili perusahaan terakhir
  11. identitas penanggung jawab
  12. NPWP
  13. profil penyelenggara sistem elektronik
  14. gambaran teknis sistem elektronik
  15. Nama domain tingkat tinggi indonesia bagi sistem elektronik yang berbentuk situs
  16. Kepemilikan modal
  17. Kelengkapan dokumen pendaftaran bagi Pendaftar perseorangan adalah sebagai berikut:
  18. Identitas Penanggung Jawab
  19. Keterangan domisili usaha (jika ada)
  20. NPWP
  21. Profil penyelenggara sistem elektronik
  22. Gambaran teknis sistem elektronik
  23. Nama domain tingkat tinggi indonesia bagi sistem elektronik yang berbentuk situs
  24. Profil Penyelenggara Sistem Elektronik sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf d dan ayat (3) huruf c terdiri dari:
  25. Nama entitas
  26. Bentuk entitas
  27. Data entitas
  28. Alamat entitas.
  29. Gambaran Teknis Sistem Elektronik meliputi:
  30. Perangkat lunak
  31. Perangkat keras
  32. Tenaga ahli
  33. Penjelasan adanya prosedur atau petunjuk tata kelola: penggunaan Sistem Elektronik, perlindungan data pribadi, dan sistem pengamanan
  34. Lingkup pelayanan public
  35. Penjelasan interoperabilitas dengan Sistem Elektronik pihak lain apabila ada.

Adapun langkah-langkah pendaftaran penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik yaitu:

  1. Membuat akun

User PSE mengisi email, password, nama

Selanjutnya user akan mendapat email konfirmasi dan link untuk validasi. Setelah selesai proses validasi, user dapat melakukan log in

  • Mengisi form pendaftaran PSE
  • Mengisi form bagian pengajuan yang berisi identitas pendaftar/penanggungjawab
  • Mengisi profil usaha yang berisi data entitas, legalitas dokumen entitas
  • Mengisi gambaran teknis mengenai detil dari sistem elektronik yang didaftarkan
  • Pemeriksaan dokumen
  • Mengajukan pemeriksaan dokumen

Form pendaftaran yang sudah diisi dengan lengkap maka akan diperiksa dan diverifikasi oleh verifikator dari Kominfo

  • Mendapat hasil pemeriksaan dokumen
  • Melengkapi kekurangan dokumen (apabila terdapat kekurangan)
  • Melanjutkan pendaftaran

Proses tersebut guna mendapatkan Nomor Tanda Daftar

  • Status Pendaftaran

User PSE yang telah mengajukan pendaftaran akan mendapat Nomor Tanda Daftar yang terverifikasi dan akan ditampilkan dalam website PSE

Share This
× How can we help you? Let's Chat