Hotline: +6281210005154 support@jasaparalegal.co.id
Pedoman Iklan Jasa Keuangan

For your information, LJK diperbolehkan untuk menyediakan dan/atau  menyampaikan informasi mengenai produk dan/atau layanan berupa iklan, namun wajib dengan memperhatikan beberapa hal seperti berita wajib akurat, jujur, jelas, dan tidak menyesatkan pada iklan yang hendak dipublikasikan baik pada media massa cetak, media digital, media elektronik, media luar griya, media promosi.

Adapun ketentuan mengenai infomasi yang akan di muat ke media yang wajib diperhatikan yaitu:

  1. Informasi akurat
  2. Kata Superlatif: informasi tidak boleh menyesatkan, dalam menyiarkan iklan, tidak boleh terdapat kata-kata atau klaim yang menggunakan kata superlatif seperti “paling”, “nomorsatu”, “satu-satunya” dan lain sebagainya kecuali terdapatnya bukti atau referensi yang dapat mempertanggungjawabkan kredibilitas klaim tersebut dengan tujuan agar masyarakat tetap memiliki kepercayaan atas iklan-iklan yang beredar. Adapun referensi yang dimaksud harus dapat dipertanggungjawabkan dan tidak boleh lebih dari 2 (dua) tahun.
  3. Kinerja masa lalu dan proyeksi kinerja: perlu diketahui bahwa kinerja masa lalu tidak dapat menjadi tolak ukur dalam penjamin kinerja yang akan datang karena resiko dan variable eksternal bisa saja berubah dengan cepat dan bahkan mungkin tidak dapat dikendalikan, kecuali jika iklan menyatakan bahwa kinerja masa lalu bukan berarti mendendikasikan proyeksi kinerja maka iklan wajib mencantumkan disclaimer mengenai tidak ada jaminan yang pasti bahwa proyeksi tersebut akan tercapai. Hal itu dilakukan agar konsumen menyadari adanya resiko dalam berinvestasi.
  4. Penggunaan data riset: data riset tidak boleh dimanipulasi dan iklan wajib mencantumkan sumber datanya. Adapun ketentuan sumber data yaitu judul riset, perusahaan penyelenggara riset, dan tahun dilakukannya riset. Informasi ini dapat dituliskan dalam bentuk tautan. Data riset yang dapat digunakan adalah data riset yang berjangka maksimum 2 (dua) tahun sejak tanggal pengumuman penilaian hingga penerbitan iklan.
  5. Informasi jujur

LJK wajib membuat iklan yang berisikan informasi sebenarnya tentang manfaat, biaya, dan risiko dari setiap produk dan/atau layanan.

  • Informasi jelas

Bahasa harus mudah Dipahami, informasi harus lengkap dan mencantumkan tautan, logo OJK dan pernyataan “terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan” dibuat dalam format penulisan yaitu harus ditulis secara horizontal. Pernyataan harus terbaca dengan pemilihan warna yang kontras dengan latar belakang. Ukuran huruf di Media Cetak minimal 5.5 pt, sedangkan di media lain dapat disesuaikan dengan proporsi huruf yang digunakan dalam iklan, logo OJK tidak boleh digunakan dalam iklan tidak langsung. Tanda asterisk (*) digunakan untuk menunjukkan bahwa ada penjelasan lebih lanjut dan harus disertai dengan informasi dimana konsumen dapat melihat informasi tersebut. Jika iklan menjanjikan pengembalian uang kepada konsumen atas pembelian suatu produk dan/atau penggunaan layanan, maka syarat pengembalian uang tersebut harus dinyatakan secara jelas dan lengkap dan iklan yang menjanjikan hadiah baik dengan mekanisme hadiah langsung, undian, maupun sayembara dilarang menyatakan “selama persediaan masih ada” atau kata-kata lain yang bermakna sama. Iklan harus dengan jelas dan lengkap mencantumkan syarat-syarat kesertaan, masa berlaku, tanggal penarikan undian, jumlah hadiah yang disediakan oleh LJK dan/atau jangka waktu pemberian hadiah, jenis hadiah, maupun cara-cara penyerahan.

Share This
× How can we help you? Let's Chat